Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mempertahankan gelar sebagai Kota Sehat Nasional juga melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. 

Bukan tanpa sebab, keterlibatan itu mengindikasikan suatu komitmen pemerintah di bidang kesehatan dalam menciptakan kawasan yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Supranoto menyatakan segala persiapan telah diupayakan untuk mempertahankan gelar Kota Sehat Nasional tersebut. 

Pihaknya juga turut bekerjasama dengan Forum Kota Sehat dan masyarakat Kota Malang untuk proses penilaian berjalan dengan maksimal.

"Semuanya sudah kita upayakan, bekerjasama dengan Forum Kota Sehat dan masyarakat. Termasuk lokus-lokus yang akan dijadikan tempat untuk verifikasi Kota Sehat Nasional kita juga sudah siapkan," ujarnya.

Satu hal yang masih disoroti untuk bidang kesehatan ini, yakni program sanitasi khususnya Open Defection Free (ODF) atau Terbebas buang air besar tidak di jamban. 

Hal ini sebagai tingkat pembenahan dalam hal sarana prasarana kesehatan.

Persoalan ini memang masih terus digencarkan di Kota Malang dalam rangka mewujudkan masyarakatnya bebas ODF 100 persen.

"Dalam hal ini kita juga tetap sosialisasi bahwa ODF itu penting, dalam rangka menurunkan angka penyakit. Khususnya penyakit-penyakit menular yang bisa disebabkan oleh kesehatan lingkungan. Dan kita juga sudah ada program yang bekerjasama dengan tiap Kelurahan, untuk mewajibkan wilayahnya untuk ODF," paparnya.

Beberapa hal yang harus dicapai untuk kota sehat dengan kategori Swasti Saba Wistara, di antaranya terkait pemukiman, sarana dan prasarana sehat. 

Kemudian, himbauan BBM bebas sulfur atau efisiensi energi. Lalu, data atau bukti pembinaan penghargaan pelatihan awal kendaraan umum teladan, data produksi tanaman pangan, kasus penggunaan Napza, angka bebas jentik, informasi dan resiko Upaya pencegahan penyakit tidak menular, dan prosentase jumlah anak jalanan.

Tag's Berita

End of content

No more pages to load