Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



Wabah penyakit demam berdarah (DB) memang masih menjadi perhatian di bidang kesehatan. Jika perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan tidak diterapkan. bukan tidak mungkin masyarakat akan terkena dampak penyakit ini.

Meski di Kota Malang pendertia DB yang tercatat tidak begitu mengalami lonjakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengimbau masyarkat untuk menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan perkembangbiakan nyamuk pembawa virus DB tersebut. 

"Jumlahnya memang tidak ada pelonjakan. Tapi kami tetap memberdayakan masyarakat dalam penerapan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), kemudian menjaga linkungan yang sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto.

Pencegahan PSN tersebut dengan menerapkan 3M plus. Yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, kemudian menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DB.

"Jadi, masyarakat untuk selalu rutin membersihkan semua tempat-tempat yang berpotensi menjadi genangan-genangan air. Nah, plus-nya itu menggunakan obat nyamuk, lalu menggunakan kelambu saat tidur, Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan yang lainnya itu," imbuhnya.

Saat ini, untuk di Kota Malang. ia menilai wabah DB tidak menjadi momok bagi masyarakat. Apalagi, masyarakat di Kota Malang sudah dikatakan mandiri dalam menjaga kesehatan sehingga pencegahan penyakit yang timbul dari lingkungan bisa terantisipasi. 

"Kalau sekarang, tidak menjadi momoknya di Kota Malang. Karena masyarakat sudah mandiri dalam kesehatan dan kasusnya tidak banyak. Kalau untuk penggunaan fogging, itu dilakukan ketika ada kasus-kasus kematian atau peningkatan yang signifikan," pungkas kadinkes.


End of content

No more pages to load